Kamis, 24 November 2016

WORKSHOP APLIKASI INTERNET - Menyalakan LED Menggunakan Arduino


Menyalakan LED yang Berkedip

Project ini bertujuan untuk menyalakan LED dan membuat LED berkedip. Komponen yang digunakan sangat sederhana, yaitu:

  • 1 Arduino,
  • 1 Breadboard,
  • 1 LED,
  • 1 Resistor 220 ohm,
  • 2 Kabel Jumper.
Langkah Percobaan :
1. Rangkai komponen dengan rangkaian seperti gambar dibawah ini:


Keterangan :
Pin GND Arduino ke Breadboard.
Pin negatif LED ke GND melalui resistor 220 ohm.
pin positif LED ke pin 13 Arduino.

2. Masuk ke Program ARDUINO 
Klik FILE => EXAMPLE => BASIC => BLINK.
Atau salin ulang sketch dibawah ini:

void setup() {
pinMode(13, OUTPUT); // membuat pin 13 menjadi OUTPUT.
}
void loop() {
digitalWrite(13, HIGH); // menyalakan LED yang terhubung pada pin 13
delay(1000); // menunggu waktu selama 1 detik (1000 mili detik)
digitalWrite(13, LOW); // mematikan LED yang terhubung pada pin 13
delay(1000); // menunggu waktu selama 1 detik (1000 mili detik)
}


Keterangan :
Semua perintah yang ada didalam void setup() akan dibaca sekali.
Semua perintah yang ada didalam void loop() akan dibaca berulang kali.
pinMode digunakan mengatur apakah pin 13 akan menjadi INPUTatau OUTPUT.
digitalWrite untuk mengatur apakah pin 13 akan dibuat HIGH (hidup) atau LOW (mati).
delay untuk memberikan jeda (1000 = 1 detik)


3. Simpan Sketch

Program yang dibuat pada editor dapat disimpan kedalam file yaitu dengan klik pada menu file pilih save atau save as, pilih folder yang akan digunakan menyimpan file, ketik nama file kemudian klik save.




4. Jalankan Sketch (Verify/Compile)

Setelah menyimpan sketch kita bisa langsung menjalankan program yaitu dengan cara mengklik symbol Verify atau dari menu sketch pilih Verify/Compile bisa juga dengan shortcut Ctrl + R. Apabila verify sukses akan terdapat tulisan Done Compilling.




5. Upload File

Setelah selesai diverifikasi sketch bisa langsung diupload ke arduino yaitu dengan mengklik symbol upload atau dari menu file pilih upload.
Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah kita harus mengecek dulu port komunikasi mana yang terhubung ke arduino, port USB harus sesuai dengan setingan pada sketch, caranya pilih tools – serial port.








Tunggu hingga proses compiling selesai. LED akan menyala dengan berkedip-kedip.


2. Menyalakan LED Menggunakan Push Button
Project ini merupakan project sederhana untuk Push Button dengan menggunakan logika program “Jika button ditekan LED menyala, jika tidak LED akan mati”. Dimana kita mengetahui bahwa Push Button ketika kita tekan akan menghubungkan arus listrik, dan terputus apabila Push Button dilepas (tidak ditekan). 


Peralatan dan komponen yang digunakan adalah:
  • 1x Arduino
  • 1x Breadboard
  • 1x Push button
  • 1x LED
  • 1x Resitor 10k
  • 1x Resistor 220ohm
  • 7x Kabel jumper

Rangkaian percobaan:


Rangkaian Untuk Push Button

Keterangan:
Hubungkan 5V dan GND dari Arduino ke Breadboard.
Hubungkan kaki pertama button ke 5V dan kaki ke-2 ke kaki pertama resitor 10k.
Hubungkan kaki ke-2 resistor 10k ke GND.
Hubungkan pin 2 Arduino ke kaki ke-2 button.
Untuk LED rangkaiannya tidak jauh berbeda dengan pembahasan sebelumnya.
Untuk sketch-nya dapat diperoleh dari sampel pada FILE=>EXAMPLES=>DIGITAL=>BUTTON. Atau salin ulang program dibawah ini;

int buttonPin = 2; // membuat variabel buttonPin untuk pin 2
int ledPin = 13; // membuat variabel ledPin untuk pin 13
int buttonState = 0; // variabel untuk posisi awal button agar dibaca LOW

void setup() {
pinMode(ledPin, OUTPUT); // membuat ledPin menjadi OUTPUT
pinMode(buttonPin, INPUT); // membuat buttonPin menjadi INPUT
}

void loop() {
buttonState = digitalRead(buttonPin); // membuat variabel buttonState untuk mengambil
nilai dari buttonPin
if (buttonState == HIGH) { // Jika nilai buttonPin = HIGH
digitalWrite(ledPin, HIGH); // maka ledPin akan menyala
}
else { // Jika tidak
digitalWrite(ledPin, LOW); // maka ledPin akan mati
}
}


Keterangan:

  • Variabel int buttonState=0; digunakan untuk menentukan nilai awal yang terbaca adalah 0 atau LOW. 
  • Variabel baru buttonState = digitalRead(buttonPin); digunakan untuk menyimpan nilai baca dari buttonPin kedalam variabel buttonState.
  • digitalRead sendiri berfungsi untuk membaca nilai sensor secara digital (LOW=GND, HIGH=5V).
  • if (buttonState == HIGH) digunakan untuk menampilkan jika nilai dari buttonState adalah HIGH, maka lampu LED akan menyala digitalWrite(ledPin, HIGH);
  • else jika tidak maka lampu LED akan mati digitalWrite(ledPin, LOW);
Berikut adalah rangkaian yang telah diujikan:

0 komentar:

Posting Komentar