Rabu, 05 Oktober 2016

Workshop Aplikasi Internet - TUTORIAL MEMBUAT KALKULATOR SEDERHANA MENGGUNAKAN APP INVENTOR

Pada praktikum kedua Workshop Aplikasi Internet yang saya pelajari, telah dibahas mengenai pembuatan kalkulator sederhana. Pembuatan kalkulator sederhana menggunakan App Inventor ini dapat melatih dan menambah pemahaman kita tentang fitur dasar dan pembuatan blok program pada App Inventor.
Ada empat fungsi kalkulator yang dapat digunakan pada kalkulator sederhana ini, yaitu perkalian, pembagian, penambahan dan pengurangan. Berikut langkah-langkah pembuatan kalkulator sederhana menggunakan App Inventor.

1. Mulai App Inventor dan beri nama pada new project Anda.
2. Sesuaikan isi komponen pada screen Anda sesuai pada Gambar berikut.

3. Ubah nama komponen sesuai dengan isi yang akan anda programkan ke dalamnya untuk memudahkan pada saat perancangan blok.

 

 4. Setelah desain Screen selesai, lanjutkan dengan perancangan block. Buatlah blok sesuai dengan Gambar berikut.









  • Block berwarna oranye "Initialize global" berfungsi untuk memberi inisialisasi secara global untuk program yang akan dijalankan, dimana terdapat current (awal proses), previous (perintah sebelumnya) dan operator (pemanggil fungsi)
  • Block berwarna ungu "Number_Button_Click","Procedure" dan "Operator_Button_Click" berfungsi untuk mengaktifkan button (tombol) agar angka muncul pada Screen saat tombol di klik.
  • Block berwarna coklat "When x Click" berfungsi untuk pemanggil fungsi program ketika tombol di klik.



  • Untuk program pada sama dengan dibutuhkan fungsi matematika dimana harus terdapat langkah-langkah proses bagaimana hasil itu sesuai karena dalam setiap perhitungan dibutuhkan proses agar hasil yang diperoleh sesuai.
5. Setelah Desain Screen dan Block Program selesai, Build program dan jalankan di Android Anda, baik itu melalui smartphone ataupun melalu aplikasi Android yang ada di PC Anda. Saya sendiri menggunakan aplikasi Leapdroid pada PC saya untuk menjalankan program ini. Beginilah tampilannya.


  • Uji coba


6. Percobaan selesai.


0 komentar:

Posting Komentar