Rabu, 26 Oktober 2016

Workshop Aplikasi Digital - MEMBUAT APLIKASI TALK TO ME, DOODLE DAN BALL BOUNCE MENGGUNAKAN APP INVENTOR

TALK TO ME
1. Desain Screen dengan ketentuan sebagai berikut :
  • Drag and drop "TextBox" yang ada pada User Interface Pallete screen.
  • Drag and drop “Button” yang ada pada User Interface Pallette ke screen. Button tersebut berguna sebagai output dari hasil input pada textbox yang sudah diisi. Ubah nama Button tersebut menjadi “Talk To Me”.
  • Tambahkan "Text to Speech" yang ada pada Media Pallete ke screen.
  • Tambahkan sensor “Acceleromate Sensor” dengan drag & drop ke viewer.

2. Setelah Desain selesai, buatlah block sesuai dengan gambar di bawah. Susunan block dibawah  memiliki fungsi masing masing. Untuk Button1 saat berfungsi untuk memangil Text To Speech. Untuk AccelerometerSensor1 berfungsi untuk mengaktifkan sensor  untuk memanggil text to speech “Stop Shaking Me!” dengan cara di shake (digoncang).


3. Setelah pembuatan block selesai, klik menu Build. Lalu pilih pilihan 1 (provide QR code for .apk) untuk penggunaan aplikasi pada android. Dan pilih pilihan 2 (save .apk to my computer) jika ingin membuka pada PC. Setelah ini maka proses compiling akan segera dimulai. Tunggu sampai 100%.
  

4. Lakukan penginstallan program tersebut dan buka aplikasi tersebut sehingga akan muncul tampilan dibawah ini. Tampilan dibawah ini merupakan tampilan awal aplikasi.


5. Jalankan aplikasi tersebut dengan cara mengisi suatu kata atau kalimat ke dalam text box yang. Tekan tombol button “Talk to Me” maka akan dihasilkan suatu suara yang sesuai dengan teks yang telah diinput pada text box. Dapat dikatakan bahwa aplikasi talk to me 

Percobaan selesai.


DOODLE
1. Desain Screen dengan ketentuan sebagai berikut :

  • Drag and drop “Canvas” dari Drawing and Animation Palletes ke Screen. Ubah Height (tinggi) dan Weight (lebar) canvas menjadi “Fill Parrent”.
  • Tambahkan sensor “Acceleromate Sensor” ke Screen.




2. Setelah selesai, klik Blocks maka akan muncul jendela block pada screen 1. Buatlah block sesuai dengan gambar di bawah. Susunan block dibawah  memiliki fungsi masing masing. Dalam blocks ini, canvas tersebut akan mengikuti jari yang disentuh kelayar aplikasi untuk membuat suatu gambar. Setiap kali Anda menyeret blok ini, akan terbentuk suatu garis kecil antara lokasi sebelumnya (Prevx, prevY) ke lokasi baru (CurrentX, CurrentY) sehingga jari Anda tersebut dapat digunakan untuk menggambar. Untuk Accelerometer Sensor, ketika aplikasi tersebut dishake, maka sensor akan aktif dengan memanggil canvas dengan membersihkan tampilan layar aplikasi tersebut.




3. Setelah selesai pembuatan blocks, klik menuBuild. Lalu pilih pilihan 1 (provide QR code for .apk) untuk penggunaan aplikasi pada android. Dan pilih pilihan 2 (save .apk to my computer) jika ingin membuka pada PC. Setelah ini maka proses compiling akan segera dimulai. Tunggu sampai 100%.

 

4. Lakukan penginstallan program tersebut dan buka aplikasi tersebut. Coba jalankan aplikasi digital doodle tersebut dengan cara menggambar melalui canvas tersebut. Sehingga tampilan seperti gambar dibawah :







Percobaan selesai.


BALL BOUNCE
1. Desain Screen dengan ketentuan sebagai berikut :
  • Drag and drop "Canvas" dari Drawing and Animations Pallete ke screen.
  • Drag and drop “Ball” dari Drawing and Animations Pallete  ke screen. Ball tersebut sebagai bounce yang bergerak di canvas tersebut. Jangan lupa atur speed dan radius bola tersebut sesuai yang diinginkan.



2. Setelah selesai, klik Blocks maka akan muncul jendela block pada screen 1. Buatlah block sesuai dengan gambar di bawah. Susunan block dibawah  memiliki fungsi masing masing. Flung berfungsi untuk menggerakan bola kemana saja arahnya dengan radius yang ditetapkan. Pada blocks ini kecepatan/speed sangat berpengaruh dalam hal bola itu bergerak. Untuk blocks ball saat edge reached berufungsi untuk memantul bola tersebut ke tepi layar screen.


3. Setelah selesai pembuatan blocks, klik menu Build. Lalu pilih pilihan 1 (provide QR code for .apk) untuk penggunaan aplikasi pada android. Dan pilih pilihan 2 (save .apk to my computer) jika ingin membuka pada PC. Setelah ini maka proses compiling akan segera dimulai. Tunggu sampai 100%.

 

4. Lakukan penginstallan program tersebut dan buka aplikasi tersebut. Coba jalankan aplikasi ball bounce tersebut. Apabila ball tersebut bisa bergerak dan diarahkan,dapat dikatakan bahwa aplikasi tersebut sudah bisa digunakan.



Percobaan selesai.

5 komentar: