Minggu, 30 Oktober 2016

Workshop Aplikasi Internet - MEMBUAT GPS NAVIGATION MENGGUNAKAN APP INVENTOR

Aplikasi ini menunjukkan bagaimana untuk berkomunikasi dengan sensor lokasi Android, bagaimana untuk merekam data dalam memori jangka panjang telepon (database), dan bagaimana Anda dapat membuka aplikasi Google Maps dari aplikasi Anda untuk menampilkan arah dari satu satu lokasi ke lokasi lain. Untuk membuat aplikasi tersebut dibutuhkan penggunaan komponen App Inventor berikut:

1. Desain Screen dengan ketentuan isi konponen sebagai berikut :
 


2. Setelah Desain selesai, buatlah block sesuai dengan gambar di bawah. 
  • LocationSensor1.LocationChanged: block ini berfungsi ketika sensor lokasi telepon pertama mendapat membaca, atau saat ponsel dipindahkan untuk menghasilkan pembacaan baru.
  • RememberButton.Click: Ketika pengguna mengklik RememberButton, pembacaan sensor lokasi saat dimasukkan ke dalam "mengingat" label dan disimpan ke database juga.
  • DirectionsButton.Click: Ketika pengguna mengklik DirectionsButton, event-handler membangun URL untuk peta dan panggilan ActivityStarter untuk meluncurkan aplikasi Maps dan memuat peta.
  • Screen1.Initialize: Block ini selalu dipicu ketika sebuah aplikasi terbuka. 
3. Setelah pembuatan block selesai, klik menu Build. Lalu pilih pilihan 1 (provide QR code for .apk) untuk penggunaan aplikasi pada android. Dan pilih pilihan 2 (save .apk to my computer) jika ingin membuka pada PC. Setelah ini maka proses compiling akan segera dimulai. Tunggu sampai 100%.
 

4. Lakukan penginstallan program tersebut dan buka aplikasi tersebut sehingga akan muncul tampilan dibawah ini. Tampilan dibawah ini merupakan tampilan awal aplikasi.

Percobaan Selesai.


0 komentar:

Posting Komentar